RSS

Pentingnya Pelembab Tubuh

26 Aug
Pentingnya Pelembab Tubuh

Beberapa waktu lalu di akun twitter saya, @InNath, saya pernah menyinggung mengenai kegemaran saya memakai aneka lotion dan body butter. Saya termasuk orang yang menyukai keseragaman aroma. Jadi, nih, misalnya mandi pakai sabun aroma cokelat, maka pelembab tubuh yang saya gunakan juga beraroma cokelat. Begitu juga dengan wewangian alias parfum, wajib aroma cokelat! Hahaha.. 😀 Kenapa begitu? Ya karena saya mau aroma tubuh saya senada semua, supaya nggak nyampur-nyampur. 

Kicauan saya di pertengahan Mei lalu, membahas kegemaran beli body butter :D

Kicauan saya di pertengahan Mei lalu, membahas kegemaran beli body butter 😀

Lalu, kemarin isenglah ngumpulin lotion dan pelembab-pelembab tubuh di kamar. Jadinya segini:

Body Lotion and Body Butter fetish!

Body Lotion and Body Butter fetish!

Tadinya mikir itu udah semua, ternyata masih ada beberapa lotion dan body butter yang nyempil di mobil dan tas-tas. Zzzzz.. *tepok jidat*

Nah, kalau dari tadi saya nulis tentang body lotion dan body butter, sebenarnya apa beda kedua jenis pelembab tubuh itu? Sepanjang memakai dan mengamati, body lotion memiliki tekstur yang light dan dirancang untuk melembabkan semua jenis kulit. Pemakaiannya lebih umum dan mengandung bahan utama minyak dan air. Sedangkan body butter sesuai namanya memakai kata ‘butter’ alias mentega, ya bertekstur lebih tebal dari body lotion dan lebih melembabkan kulit. Biasanya digunakan untuk melembabkan kulit yang kering atau bagian-bagian tubuh tertentu yang cenderung kering. Misalnya di siku tangan, lutut ataupun telapak kaki. Bahan utamanya biasanya terdiri dari shea butter atau minyak dari bahan alami. Oiya, beberapa body butter yang saya beli keluaran The Body Shop sudah dijamin melindungi tubuh selama 24 jam! Jadi ga perlu ngulang oles-oles deh 😉

Perbedaan lebih lanjut mengenai body lotion dan body butter bisa dibaca di sini.

Body Butter (left: Chocolate; right: peach)

Body Butter (kiri: coklat; kanan: peach)

Dari segi kemasan juga berbeda, umumnya body lotion dikemas dalam bentuk botol dengan penutup ataupun dengan pump, ada juga yang dikemas dalam bentuk tube. Sedangkan body butter biasanya dikemas dengan kemasan jar atau kemasan lingkaran yang diputar seperti body butter milik saya di atas. Sebaiknya setelah menggunakan body butter, langsung ditutup menggunakan penutupnya, untuk menghindari kontaminasi dengan udara. “Supaya manfaatnya maksimal dan menghindari perubahan tekstur dan warna,” kata beauty advisor sebuah brand perawatan tubuh, saat saya tanya mengapa kemasan body lotion dan body butter berbeda.

Lalu mengapa saya cenderung banyak membeli body butter daripada body lotion? Jawabannya adalah karena jenis kulit saya cenderung kering, sehingga membutuhkan manfaat body butterBody lotion tentu dapat melembabkan kulit, namun sifatnya ringan, sehingga pemakaian untuk kulit seperti saya harus rajin diulang.  Ditambah, saya beraktivitas lebih banyak di ruangan ber-AC, sehingga jenis pelembab tubuh yang tepat, ya body butter.

Pemakaian body lotion dengan efek shimmer di pergelangan tangan

Pemakaian body lotion dengan efek shimmer di pergelangan tangan

Trus, gimana ya kalau malas merawat tubuh? Nah, ini tuh saya bangettt.. Dulu saya males sekali merawat badan, oles-oles lotion. Lalu punya turning point pas digigit nyamuk, eh, garuk tangan kok berbekas garis putih? Ternyata karena kulit kering nggak pernah dikasih pelembab apa-apa. Nggak mau kan begitu terus? Akhirnya tobat deh.. Mulai nyari pelembab tubuh. 🙂

Kulit bersisik dan terbakar. Tenang, ini bukan karena males oles-oles, tapi habis liburan ;)

Kulit bersisik dan terbakar. Tenang, ini bukan karena males oles-oles, tapi habis liburan 😉

 

 

Kalau kamu, biasanya pakai pelembab tubuh juga, kan? Share dong, biasanya perawatan tubuh apa yang rutin kamu lakukan?

 
3 Comments

Posted by on August 26, 2014 in Beauty, Information, Lifestyle

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

3 responses to “Pentingnya Pelembab Tubuh

  1. DebbZie Leksono

    August 31, 2014 at 4:45 am

    aku juga suka beli2 lotion dan pernak perniknya. Tapi sering kelupaan kalo mau oles2, hihihi. Kulitku juga kering tapi kalo pake body butter jadi alergi gatal2 gitu. Jadinya mesti pake lotion aja yg lebih ringan. Buat akalin kulit kering, biasanya sebelum mandi aku pake baby oil sambil pijat2 trus bilas pake sabun n terakhir pake lotion. Jadi kenyal deh kulitku, hihihi 😀

     
    • innenathalia

      August 31, 2014 at 4:05 pm

      Thanks for sharing ya neng.. Wah, baru tau nih kalo pake body butter bisa gatal2 😦 semua merk? Jangan-jangan alergi shea-nya kali ya?

       
  2. Helena

    January 12, 2017 at 7:35 am

    Aku tipe yang males pake pelembab gini tapi lama-lama kasihan sama kulit yang sering terpapar matahari jadi kering 😦 Thank you artikelnya

     

Leave a Reply

 
